Blog ini dibuat oleh Hambrah S Nunkiawati mengenai filsafat.
Nunki ialah salah satu anggota kelompok filsafat "Veritas" dari kelas LB64.

Anggota lain kelompok ini: Ivana, Maulidya Audita, Catharina Weni, Abdullah Fauzi

BAB 3 Psychologist's Companion (Rangkuman)


FILSAFAT
Tugas Rangkuman The Psychologist’s Companion
  


Fakultas Humaniora
Jurusan Psikologi

   


BAB III
Penelitian Literatur
Apakah anda menulis tinjauan pustaka atau bekerja pada sebuah percobaan  makalah penelitian mental, penelitian literatur merupakan faktor penting. Saat ini, Anda bisa mendapatkan informasi yang anda butuhkan dalam beberapa cara. Pertama, anda dapat berkonsultasi dengan jurnal dan buku yang dapat anda temukan di perpustakaan arsip. Kedua, Anda dengan mudah dapat menggunakan Internet dari rumah anda sendiri atau tempat kerja untuk mengambil banyak informasi. Dalam bab ini, pertama kita menggambarkan berbagai jenis referensi. Kami juga memberikan daftar bahan referensi yang mungkin berguna untuk penelitian Anda. Kemudian kami  memberikan pengantar Penelitian literature dan beberapa database yang anda mungkin akan menggunakan. Setelah itu, bagian penelitian Internet memberi anda gambaran mesin pencari, bagaimana cara terbaik untuk mencari kata kunci, jenis informasi  yang tersedia di Internet, dan cara mengevaluasi informasi yang anda temukan secara online. Terakhir, kami menguraikan fungsi bibliografi perangkat lunak dan penggunaannya untuk penelitian Anda.

3.1 BAHAN REFERENSI

Penulis makalah psikologi harus menyadari referensi yang ada bagi mereka. Ada berbagai macam sumber daya yang dapat anda konsultasikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Almanak
Almanak adalah publikasi tahunan yang berisi informasi dan statistik pada berbagai macam topik. 
.
Bibliografi
Bibliografi daftar karya-karya penulis tertentu atau fokus pada topik tertentu. 

Kamus
Kamus menunjukkan ejaan yang benar dari kata-kata dan mungkin daftar sinonim atau kata-kata alternatif untuk dicari. 

Direktori
Sumber daftar direktori dan informasi kontak untuk sumber-sumber yang menarik bagi Anda. 

Ensiklopedia
Ada baik ensiklopedi umum dan khusus di mana Anda dapat mencari kata kunci yang menarik. 

Tesaurus
Sebuah tesaurus daftar kata-kata yang terkait dengan istilah. 

Buku tahunan
Sebuah buku tahunan berisi informasi yang mengacu pada tahun tertentu. 

Disini adalah beberapa daftar referensi umum yang bisa berguna dalam psikologi:

APA University Dictionary of Psychology
Buku ini adalah versi kompak dari APA Dictionary of Psychology dan memiliki lebih dari 5.000 entri. Its edisi pertama diterbitkan pada tahun 2009 oleh American Psychological Association.

APA Concise Dictionary of Psychology (ringkasan)
Kamus ini berisi sekitar 10.000 entri serta daftar utamanya-historis tokoh dalam psikologi. Ini pertama kali muncul pada tahun 2008 dan telah diumumkan oleh American Psychological Association.

APA Dictionary of Psychology
Buku ini mendefinisikan dan menjelaskan sekitar 25.000 istilah dan frase dari psikologi serta bidang-bidang terkait lainnya seperti kedokteran, biologi, dan ilmu komputer. Its edisi pertama diterbitkan pada tahun 2006 oleh American Psychological Association.

The Corsini Encyclopedia of Psychology and Behavioral Science,
3rd Edition
Ensiklopedia empat jilid ini menawarkan pembahasan rinci pada 10 daerah psikologi, misalnya, diterapkan, kognitif klinis, perkembangan, pendidikan, pengukuran, kepribadian, fisiologis, sosial, dan nya-tory / teori. Volume, diedit oleh W. Edward Craighead dan Charles B. Nemeroff, yang terakhir direvisi pada tahun 2002. Penerbit adalah John Wiley & Sons.

Dictionary of Psychology
The Penguin Dictionary of Psychology, edisi ketiga, oleh AS Reber, ES Reber, dan R. Allen, menyelesaikan beberapa masalah yang diangkat oleh psycholog-istilah ical. Ini berfokus pada apa artinya istilah teknis yang diberikan dan menunjukkan bagaimana istilah ini sebenarnya digunakan, konotasi, dan bagaimana ia memiliki telah digunakan dan disalahgunakan. Buku ini muncul di edisi keempat tahun 2009,
diterbitkan oleh Penguin Books.


3.2 PENELITIAN LITERATUR
Setelah anda telah mempersempit topik anda, anda siap untuk mencari sumber daya dan bahan di perpustakaan. Anda tidak perlu harus segera pergi kesana secara pribadi, karena sebagian besar perpustakaan memiliki katalog online. Bahkan, browsing katalog online akan memberikan anda gambaran dari apa yang tersedia di bidang yang anda minati, hal ini membantu anda mempersempit pencarian anda, dan memberikan anda satu set awal dengan referensi yang dapat memulai penelitian anda .
Perpustakaan tidak hanya memiliki buku katalog mereka sendiri tetapi juga dapat memberikan anda akses ke banyak database online yang berisi majalah, jurnal, dan koran. Umumnya, alat-alat penelitian yang berbeda yang menawarkan perpustakaan adalah berikut :
·      Sebuah katalog perpustakaan dimana anda dapat mencari buku-buku yang berbeda, jurnal, koran, dan majalah yang tersedia.
·      Database dimana anda dapat mencari kata kunci, penulis, dan seterusnya, dalam database yang berisi sejumlah besar jurnal pada satu topik tertentu.
·      Perpustakaan sering memberikan anda akses gratis ke jurnal online dan surat kabar sehingga anda dapat memilih koran atau jurnal pilihan anda dan menelusuri dengan bebas melalui daftar isi dan publikasi lainnya.

Selain itu, perpustakaan mungkin memiliki panduan subjek dan tutorial online yang dapat membantu anda dengan penelitian anda. Panduan subjek dalam psikologi. Dapat mengarahkan anda ke database yang membantu anda menemukan buku-buku, jurnal, atau instrumen penilaian, misalnya.

3.2.1 Database untuk Psikolog
Ada sejumlah database yang khusus dirancang untuk Penelitian di bidang psikologi dan bidang terkait. Berikut adalah beberapa dari mereka:

JSTOR   :    Terdiri lebih dari 1.000 jurnal dan sumber-sumber lain difokuskan pada ilmu-ilmu sosial, tetapi juga humaniora dan ilmu alam.

PsycInfo   :   Termasuk lebih dari 1.300 jurnal, buku, bab buku, dan disertasi di bidang psikologi, sosiologi, pendidikan, kedokteran, dan lain. Publikasi dirujuk dalam lebih dari 30 bahasa.

PubMed   :    Database ini terutama berfokus pada obat-obatan dan kehidupan dan kesehatan ilmu.

3.2.2 Bagaimana menemukan tes psikologi
Jika Anda tertarik untuk menemukan sebuah tes yang telah diterbitkan, ada beberapa sumber daya yang dapat digunakan untuk menemukannya:
·      Tests in Print (TIP), 7th ed. 2006. Diterbitkan Oleh Institute for Buros Mental Measurements, Lincoln, NE.
·      Mental Measuremennts Yearbook (MMY), 17 ed. 2007. Diterbitkan Oleh Institute for Buros Mental Measurements, Lincoln, NE.
·      Tests, 6th ed. 2008. Diterbitkan oleh Pro-ed, Austin, TX.
·      Test Critiques, vol. 11, 2005. Diterbitkan oleh Pro-ed, Austin, TX.

Sumber daya online yang dapat anda gunakan untuk menemukan tes adalah situs Web dari Clearinghouse on Assessment and Evaluation (http://ericae. net), maka yang Buros Institute of Mental Measurements (http://buros.unl.edu / Buros / jsp / search.jsp), dan Educational Testing Service (http://www.ets.org/testcoll).

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencari tes (baik dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan), American Psychological Association memiliki situs Web yang membantu merinci detail pada pencarian tes. Anda dapat menemukannya di http://apa.org/science/faq-findtests.html.


3.3 PENELITIAN INTERNET
Internet dapat menjadi alat penelitian yang kuat. Hal ini memudahkan dan cepat mengakses informasi tentang berbagai topik psikologis. Akses ini dapat sangat membantu dalam mengeksplorasi ide-ide penelitian potensi serta mengumpulkan informasi latar belakang untuk menulis makalah.

Ada juga kesulitan tersendiri dalam menggunakan internet untuk penelitian yang dapat mengurangi keuntungan. Sebagai contoh, meskipun informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat, banyak yang mungkin tidak relevan atau tidak valid. Penggunaan efektif Internet membutuhkan pengetahuan bagaimana mencari informasi secara efisien dan bagaimana untuk mengevaluasi kualitas dari informasi yang ditemukan agar bisa menghindari kesulitan tersebut, seperti yang kita akan lihat di bagian berikut.

3.3.1 Komponen-komponen Internet
Ketika kita berbicara tentang internet, kita mengacu kepada koleksi komponen yang merupakan cara yang berbeda untuk mengakses dan berbagi informasi di komputer. Dalam menilai manfaat dari Internet untuk tujuan penelitian, penting untuk mengetahui karakteristik
komponen utama:

·       World Wide Web
The World Wide Web adalah jaringan komputer yang memungkinkan menghubungkan dokumen dengan cara hypertext, sponsor tertanam dalam satu dokumen.

·      Usenet / Netnews
Usenet adalah sistem di seluruh kelompok diskusi di dunia, dengan komentar melalui ratsusan ribu mesin.

·      Mailing List
Mailing List atau Listserv adalah sistem bertukar pesan e-mail antara orang-orang yang berlangganan forum topikal yang sama.

·      Chatting Group dan Instant Messaging
Chatting Group and Instant Messaging adalah sistem yang memungkinkan untuk bertukar pesan instan antara individu-individu yang terletak di komputer yang tersebar luas secara geografis.

3.3.2 Sekilas pencarian Internet dan Search Engine
Informasi yang tersedia di Internet telah disamakan dengan semua halaman dalam semua buku di perpustakaan yang dirobek dan dilemparkan kedalam tumpukan yang besar. Informasi masih akan tersedia, tentu saja, tetapi mencari dan mengatur materi pada topik tertentu akan sangat menakutkan. Untungnya, pandangan ini terlalu sinis karena strategi yang efektif dan alat untuk mencari informasi ada yang dapat membuat tugas lebih mudah dikelola.
Alat utama untuk mencari informasi tertentu di internet adalah mesin pencari (search engine), sebuah program software yang menyediakan daftar link untuk dokumen dan halaman web yang mengandung kata kunci yang ditentukan oleh pengguna. Mesin pencari paling populer termasuk Google, Yahoo, AOL, ASK dan Bing. Sebagian besar pengguna terbiasa dengan satu atau lebih dari program ini, tetapi hanya sedikit orang mengambil keuntungan penuh dari fitur mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk pencarian yang efektif:
1.     Hati-hati membangun frase yang dicari
Berikut ini adalah saran yang sangat baik dari tutorial online dengan Bright Planet Software Company http://www.brightplanet.com/deepcontent/tutorials/searchs/ :
-       Menggunakan kata benda atau objek daripada verba (penyalahgunaan vs menyalahgunakan)
-       Menunjukan frase yang tepat dengan menggunakan tanda kutip (“pasangan abuse”)
-       Termasuk sinonim dari konsep-konsep kunci, menggunakan operator Boolean jika dibutuhkan oleh mesin pencari tertentu (pasangan ATAU “pasangan intim” ; “Kekerasan dalam rumah tangga” ATAU kekerasan ATAU penyerangan) dan
-       Agar konsep dengan subjek utama pertama (“pasangan yang penuh kasih” ATAU “pasangan intim”). Perhatikan sintaks untuk menggabungkan kata-kata dalam frase pencarian mungkin agak bebeda dari mesin ke mesin – berkonsultasi pada bagian bantuan mesin pencari untuk rincian.

2.     Gunakan lebih dari satu Search Engine
Search engine berbeda dalam luasnya pencarian mereka, bagaimana mereka memesan hasil pencarian, bagaimana link yang up-to-date tercantum dan oleh karena itu frase yang dicari yang sama pada dua Search Engine mungkin tidak memunculkan kembali daftar link yang sama.

3.     Batasi pencarian anda ke domain tertentu
Kebanyakan mesin pencari memungkinkan pencarian akan dibatasi domain tertentu (misalnya: .org , .edu , .gov). Pembatasan ini dapat berguna untuk memaksimalkan relevansi link yang diidentifikasi.

4.     Mencari link ke sebuah dokumen tertentu
Bayangkan dalam contoh diatas bahwa pencarian dibatasi dari gov domain mengarah ke situs yang sangat informatif. Situs lain yang berhubungan dengan itu mungkin informatif juga, dan yang memungkinkan mesin pencarian adalah pencarian untuk situs yang terhubung.

3.3.3 Excursion: Internet Search Menggunakan Logika Boolean
Banyak database di internet dapat dicari, yang paling efisien dengan menggunakan prinsip-prinsip logika Boolean. Logika Boolean dinamai George Boole yang adalah seorang ahli matematika inggris dan filsuf. Ini menyangkut hubungan logis antara nomor istilah pencarian. Ada tiga operator: DAN, ATAU dan BUKAN. Anda juga dapat menggabungkan mereka atau menggunakan simbol untuk mewakili operator Boolean (logika tersirat). Berikut adalah penjelasan singkat tentang bagaimana masing-masing konsep bekerja:
1.     DAN
Asumsikan bahwa Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana kebisingan mengganggu konsentrasi. Kata kunci untuk pencarian Anda karena itu “kebisingan” dan “konsentrasi”. Anda dapat memastikan bahwa hasil anda mencakup “kebisingan” dan “konsentrasi” dengan menghubungkan mereka dengan DAN sehingga Anda masuk ke dalam mesi  pencari “kebisingan DAN konsentrasi.”

2.     ATAU
Bayangkan bahwa Anda tertarik pada topik umum sakit kepala dan migran. Anda ingin mengambil dokumen yang berisi baik kata sakit kepala ataupun kata migran. Oleh karena itu, anda memasukkan “sakit kepala atau migran” kedalam mesin pencari. Hasilnya akan jauh lebih luas daripada jika Anda memasukkan “sakit kepala dan migran” karena dalam kasus yang terakhir Anda, yang akan diambil hanya dokumen yang mengandng kedua kata, sedangkan pencarian dengan ATAU mendapatkan semua dokumen yang berisi kata migran, sakit kepala, atau keduanya.

3.     BUKAN
Jika Anda tertarik pada topik umum dari sakit kepala tetapi tidak migran, Anda dapat mengecualikan dokumen dalam pencarian Anda yang berisi kata migran. Untuk melakukan hal itu, masukkan istilah pencarian “sakit kepala bukan migran” dengan cara ini, tidak ada artikel tentang sakit kepala yang juga berisi kata migran akan ditampilkan dalam daftar hasil.


4.     Combined Operators (operator gabungan)
Anda juga dapat melakukan pencarian lebih rumit dengan menggabungkan beberapa operator. Jika Anda tertarik dalam kekerasan sehuubungan dengan benci atau prasangka, Anda dapat memasukkan istilah pencarian “kekerasan dan (benci atau prasangka)” pencarian ini akan mengambil dokumen yang mengandung kata kekerasan serta salah satu atau kedua dari kata-kata benci dan prasangka.

5.     Implied Logic
Saat ini, mesin pencari sering menggnakan logika tersirat, yang berarti bahwa ketika Anda memasukkan lebih dari satu istilah pencarian, mereka secara otomatis mencari baik operator DAN atau operator ATAU. Jika anda ingin menggunakan logika BUKAN biasanya Anda dapat menempatkan tanda minus didepan kata yang anda inginkan kecuali dari pencarian anda.

3.3.4 Beberapa Jenis Khusus dari Informasi Berguna Penelitian Online
Ada beberapa jenis informasi online bahwa kekuatan berharga tidak ditemukan dengan mengunakan strategi pencarian umum semacam yang dijelaskan sebelumnya. Beberapa diantaranya memiliki hak milik tetapi tersedia melalui sistem komputer umum diperpustakaan dan diuniversitas yang telah membayar untuk akses ke sumber informasi.
·      Artikel Jurnal
Teks lengkap dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal psikologi utama dapat mencari dan dilihat secara online mneggunakan PsycINFO dan database lainnya. Banyak dari database yang ini dibeli oleh universitas dan beberapa sistem perpustakaan umum.


·      Majalah dan Surat Kabar Artikel
Sebagian besar majalah dan koran memiliki situs web yang memungkinkan pencarian bebas dar artikel sebelumnya. Mesin pencari yang tersedia di situs ini berfungsi dalam banyak cara yang sama sebagai mesin pencari utama dan tips yang sama untuk menggunakan mereka yang berlaku secara efektif.

·      Database pemerintah
Banyak database online dipelihara oleh pemerintah AS, termasuk arsip dari keputusan Mahkamah Agung Congressional Record, statistik kejahatan , dan laporan dari berbagai instansi pemerintah. Sejumlah database ini dapat diakses dan dicari melalui pemerintah AS situs Web FedWorld ( http://www.fedworld.gov ). Pilihan pencarian lanjutan memungkinkan pencarian federal dan spesifik database pemerintah negara bagian .
·      Halaman Rumah peneliti tertentu
Sebuah sumber informasi yang berguna dapat menjadi halaman rumah masing-masing dari peneliti dalam bidang yang anda minati. Para peneliti biasanya memiliki daftar diri mereka sendiri untuk publikasi dan presentasi pada topik , dan kadang-kadang memberikan link ke informasi lain yang relevan .
·      Situs internet populer untuk sumber-sumber penelitian
·      American Psychological Situs Web Association (http://www.apa.org).
·      The Association for Psychological Situs Science (http://www.psychologicalscience.org).
·      Psikologi Sosial Network (http://www.socialpsychology.org).
3.3.5 Evaluasi Kritis Informasi Berbasis Internet
Mengandalkan informasi yang diperoleh dari pencarian Internet tanpa kritis mengevaluasi kualitas bisa sangat berisiko . Sebagian besar informasi Penelitian literatur di Internet belum disamakan pada penerbitan yang berstandar sama atau filter sebagai bahan yang ditemukan dalam jurnal ilmiah utama , buku , dan surat kabar. Hasilnya adalah bahwa banyak misinformasi ada di Internet - informasi yang tampaknya sah tetapi secara fakta tidak benar atau tidak lengkap. Namun, kemudahan dan rendah biaya membuat situs web juga menyebabkan banyak situs yang tidak bermaksud memberikan informasi untuk membujuk pembaca untuk memegang keyakinan tertentu atau sudut pandang , dan kurangnya pemeriksaan pada objektivitas dapat membuat sulit untuk membedakannya. Informasi dimaksudkan untuk membujuk penonton disebut propaganda . dalam beberapa kasus , upaya untuk menjadi persuasif mungkin termasuk distorsi yang disengaja atau rekayasa informasi - sering disebut sebagai disinformasi .
Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengevaluasi informasi berbasis internet:
·      Akurasi, Kewenangan, Objektivitas, Peredaran, Cakupan

3.4 BIBLIOGRAPHY SOFTWARE
Ketika Anda melakukan penelitian literatur , penting bagi anda untuk menjaga gambaran dari semua sumber berbeda yang telah anda temukan . Setelah itu, ketika menulis makalah anda , anda akan perlu untuk mencari fakta-fakta yang berbeda lagi yang telah dibaca tetapi mungkin hanya ingat sebagian . Anda juga harus memberikan referensi dalam makalah anda sehingga pembaca yang tertarik dapat melihat sumber yang anda dikutip . Salah satu cara untuk tetap terorganisir saat melakukan penelitian literatur dan menulis paper anda adalah dengan menggunakan bibliografi software . Ada beberapa program yang berbeda seperti EndNote , Reference Manager, 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment